IBN KHALDUN - PERINTIS KAJIAN ILMU SOSIAL MODERN
Pengarang : SAHRUL MAULUDI


Ibn Khaldun telah membuka mata kita betapa lambatnya perkembangan pemikiran umat Islam. Sejak ia meretas metode resional-empirisnya itu kita belum melangkah lebih jauh darinya. Kita hidup di abad modern, tetapi cara berpikir normatif-konservatif-absolut masih demikian kuat dalam wilayah kajian-kajian ilmiah, khususnya ilmu-ilmu sosial. Selalu ada ketakutan-ketakutan untuk menunjukkan pemikiran-pemikiran yang bebas dan kreatif. Pengucilan dan penakanan masih saja terjadi di kalangan umat Islam yang dengan pemikiran rasionalnya mencoba untuk mencari kemungkinan-kemungkinan dan alternatif baru.

Pemikiran Islam kontemporer masih menaruh curiga terhadap pemikiran rasional-empiris, padahal sebelumnya pemikiran rasional-empiris telah memberikan pencerahan terhadap Eropa melalui Universitas Islam Kordoba, yang kemudian mempersiapkan mereka menuju masa renaisans.

Buku ini menawarkan pemaparan yang jelas dan argumentasi yang mengalir mengenai pentingnya umat Islam mengembangkan kembali pemikiran rasional-empiris untuk memajukan peradaban. Lewat biografi Ibn Khaldun ini kita mendapatkan wawasan betapa peradaban Islam pernah lahir dan untuk menghidupkannya kembali perlu kiranya memuncul kembali semangat kreatif Ibn Khaldun.


ISBN : 9789790784277
Ukuran : 14,5 X 21 cm
Jumlah Halaman : 0(BW), 128 (FC)
Isi : BP 55 gr
Cover :
Harga : Rp. 28000 ,-

Buku Sejenis


 

Buku Baru

 
THE JOURNEY
Ir. CHANDRA SOENSOEKARNO
Harga : Rp. 45.000,-
 
SEYYED HOSSEIN NASR: PENJAGA TAMAN SPIRITUALITAS ISLAM
AAN RUKMANA
Harga : Rp. 30.000,-
 
OASE RUHANI
M. SUBHI IBRAHIM
Harga : Rp. 40.000,-
 

Buku Laris

 
CERITA TELADAN 25 NABI 1&2
SITI ZAINAB LUXFIATI
Harga : Rp. 75.000,-
 

Facebook Stream