5 Green Flag Dalam Hubungan, Tanda Hubungan Sehat dan Berpotensi Langgeng

Read Time:2 Minute, 54 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Saat menjalin hubungan, penting untuk mengetahui tanda-tanda positif dalam suatu hubungan, tanda-tanda positif dalam suatu hubungan sering disebut dengan bendera hijau. Oleh karena itu, tidak perlu hanya berfokus pada tanda-tanda racun seperti hantu atau gaslighting. Tanda-tanda positif seperti ini menandakan bahwa hubungan Anda berpotensi berkembang menjadi hubungan yang stabil dan langgeng.

Seperti dilansir Verywell Mind pada Senin 18 Maret 2024, Ketahui 5 Tanda Hijau dalam Hubungan.

1. Saling percaya

Salah satu indikator utama hubungan yang sehat adalah rasa saling percaya. Pasangan Anda menunjukkan tanggung jawab dengan konsisten dalam tindakannya.

Misalnya, jika mereka berjanji akan menjemput Anda, mereka akan selalu tiba tepat waktu. Memiliki kepercayaan yang kuat pada pasangan adalah komponen kunci dari hubungan yang sehat.

Anda bisa mengandalkan pasangan Anda dengan berbagi cerita sehari-hari dan perasaan mendalam dengannya. Ini memupuk hubungan yang jujur, terbuka dan penuh perhatian.

2. Pertahankan batasan

Karena saling menghormati, kamu tidak akan iri jika pasanganmu berteman dengan orang lain. Pasangan Anda juga tidak akan merasa terancam jika Anda membutuhkan waktu sendiri.

“Batasan membantu menentukan siapa Anda, memutuskan perilaku apa yang dapat dan tidak dapat Anda terima, dan mengajari orang lain cara memperlakukan Anda,” kata Ivy Kwong, LMFT, psikoterapis dan pelatih.

Kwong menambahkan bahwa mengkomunikasikan batasan, kebutuhan, dan keinginan dengan keberanian dan kejelasan dalam suatu hubungan, serta menghormati batasan orang lain dan batasan Anda sendiri, adalah tanda hijau dalam hubungan.

Jika pasangan Anda sibuk dengan media sosial saat Anda berbicara, ini menandakan kurangnya keterlibatan dalam percakapan. Sebaliknya, jika mereka selalu menghadap Anda, memberikan perhatian penuh, dan melakukan kontak mata saat Anda bercerita, ini menunjukkan komitmen dan penghargaan terhadap Anda. Itu mencerminkan rasa hormat dalam suatu hubungan.

Jika, selama percakapan, mereka dengan empati memahami dan menghargai perasaan Anda, itu merupakan tanda penting dari validasi emosional. Dalam hubungan yang baik, kedua belah pihak harus merasa diterima dan pikiran serta perasaan mereka dihargai.

“Ketika Anda jujur ​​dan terbuka tentang kemampuan Anda, Anda menunjukkan rasa hormat kepada diri sendiri dan orang lain jika Anda tidak mampu dan membutuhkan dukungan dan perhatian,” kata Kwong.

Jika Anda tidak mengungkapkan apa yang Anda inginkan, Anda tidak akan mendapatkannya. Jadi, jujurlah tentang apa yang Anda inginkan.

Setiap hubungan biasanya mengalami pasang surut. Namun, menurut pakar hubungan John Gottman, hubungan yang sehat, seperti pernikahan yang stabil dan bahagia, memiliki lima atau lebih momen positif untuk setiap momen negatif. Ini tandanya Anda dan pasangan cocok dan hampir selalu bersama.

Misalnya, orang pertama yang ingin Anda sampaikan kabar baik adalah pasangan Anda bahkan sahabat Anda. Tanda lainnya adalah Anda sangat menikmati menghabiskan waktu bersama melakukan berbagai hal (bahkan tidak melakukan apa pun). Anda mungkin tidak sabar untuk memeluk atau mencium pasangan Anda lagi karena Anda merasa begitu terhubung dengannya.

Perasaan kedekatan bisa datang dari kasih sayang dan berbagai jenis keintiman. Jika Anda memiliki tanda-tanda ini dalam suatu hubungan, Anda bisa berada dalam hubungan yang sehat dan bermanfaat yang akan memberi Anda kebahagiaan jangka panjang.

Tanda bendera hijau lainnya adalah ikatan intim Anda dengan pasangan diperkuat saat Anda dihargai. Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ada korelasi antara penilaian terhadap suatu hubungan dan perhatian terhadap kebutuhan pasangan.

Temuan ini menunjukkan bahwa ketika seseorang merasa dihargai oleh pasangannya, maka ia akan lebih memperhatikan dan menghargai kebutuhan pasangannya. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa perasaan dihargai memperkuat rasa syukur terhadap pasangan, serta meningkatkan loyalitas dalam hubungan jangka panjang.

Bersyukur juga membuatmu bahagia. Mengekspresikan rasa syukur dengan cara yang sama seperti yang Anda harapkan dari pasangan akan memperkuat ikatan emosional dan membawa kebahagiaan yang berkelanjutan bagi keduanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jerman dan Sekutunya Tuding Rusia Gencarkan Serangan Siber, Apa Data yang Diincar?
Next post Lima Tahapan Gerhana Matahari Total 8 April 2024