6 Efek Samping Tidur Pakai AC, Waspada Nyeri Sendi dan Asma

Read Time:1 Minute, 31 Second

JAKARTA – Tidur dengan AC dapat menimbulkan banyak efek samping kesehatan yang patut Anda waspadai. Apalagi jika AC disetel pada suhu yang sangat rendah atau digunakan secara berlebihan, jika peralatan tersebut tidak dirawat dengan baik.

Seseorang yang sensitif terhadap dingin meningkatkan risiko efek samping jika tidur menggunakan AC. Namun hal ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Karena AC memberikan kenyamanan pada malam yang panas dan lembap, AC membantu Anda tidur lebih nyenyak. Menghidupkan AC dan tetap berada di dalam rumah adalah praktik umum di rumah dan kantor saat ini.

6 Efek Samping Tidur dengan AC

Berikut efek samping tidur dengan AC seperti dilansir Times of India, Rabu (17/4/2024).

1. Gangguan pernafasan

Tidur di ruangan dengan AC menyala dapat menyebabkan gangguan pernafasan, terutama bagi orang yang sensitif terhadap udara dingin atau memiliki penyakit pernafasan seperti asma atau alergi. Udara dingin yang dihasilkan AC mengiritasi saluran pernapasan sehingga menimbulkan gejala seperti batuk, mengi, dada sesak, dan sesak napas.

Selain itu, unit AC dapat menyebarkan alergen dan polutan ke udara jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, gejala pernafasan dapat memburuk pada individu yang rentan.

Untuk mengurangi masalah pernapasan, pertimbangkan untuk mengatur suhu AC pada tingkat sedang, gunakan pelembab udara untuk menambah kelembapan udara, dan bersihkan atau ganti filter udara secara teratur untuk mengurangi alergen dan polutan.

2. Kulit dan mata kering

Tidur dengan AC menyebabkan kulit dan mata menjadi kering akibat menurunnya kelembapan. Udara dingin yang dihasilkan AC membuat kulit dehidrasi sehingga menyebabkan kulit kering, gatal, dan mengelupas.

Demikian pula, paparan udara kering dalam waktu lama dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan pada mata. Ini memperburuk gejala seperti kemerahan, gatal dan penglihatan kabur.

Untuk meredakan kulit dan mata kering, pertimbangkan untuk menggunakan pelembab udara untuk meningkatkan tingkat kelembapan dalam ruangan, mengoleskan pelembab pada kulit sebelum tidur, dan menggunakan obat tetes mata pelumas untuk melembabkan mata sesuai kebutuhan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pria Kanada Ungkap Alasan Bahagia Menikah dengan Wanita Indonesia
Next post Mobil Parkir Sembarangan Bikin Repot, Truk Pemadam Kebakaran Tak Bisa Lewat