Anjani Sekar, Pahlawan Budaya yang Lestarikan Batik Melalui Anak-Anak

Read Time:1 Minute, 38 Second

dianrakyat.co.id Edukasi – Batik merupakan warisan budaya Indonesia dan telah ada selama berabad-abad. Keberlanjutan batik menjadi isu penting untuk diperhatikan.

Bantengan merupakan salah satu batik Indonesia yang merupakan hasil perpaduan antara bakat, keterampilan, ketekunan dan cinta kasih.

Seorang perempuan bernama Anjani Sekar Arum mendirikan Sanggar dan Galeri Batik Andaka pada Agustus 2014 di Kota Malang Batu, Jawa Timur.

Ia merancang pola batik Bantengan. Ternyata bakat melukisnya ia warisi dari sang ayah. Namun kini perempuan berusia 32 tahun itu juga mengasah kemampuannya di Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Ilmu Budaya Universitas Negeri Malang.

Anjani mulai membatik pada tahun 2010, namun baru pada tahun 2014 ia bisa memamerkannya. Inilah awal ceritanya:

Suatu hari, ketika Anjani sedang membatik, hanya tersisa satu helai kain dari 54 helai kain. Masalah muncul saat Devanti Lempoko, istri Wali Kota Batu, mengundangnya menghadiri pameran budaya di Praha, Republik Ceko. Dengan waktu dua minggu menuju hari besarnya, Anjani hanya mampu membuat 10 gaun. Ternyata, batik yang pekerja keras dan handal tidak mudah ditemukan.

Pada tahun 2015, ia bertemu dengan Aliya, seorang gadis berusia 9 tahun yang tertarik belajar membatik.

Sejak saat itu, Anjani memutuskan untuk melatih anak-anak menjadi master batik di sanggarnya. Saat ini, lebih dari 58 anak belajar di sanggarnya, 28 di antaranya sudah aktif membatik. Sanggar Andana rata-rata memproduksi 45 batik setiap bulannya.

Tiap potongnya dijual dengan harga Rp 300-750.000. Anjani hanya mendapat keuntungan 10% dari setiap kain yang terjual.

Dia menggunakan uang itu untuk membeli kain, pewarna dan perlengkapan lainnya. Sisanya milik produsen batik anak. Anjani jarang menggunakan gajinya yang kecil sebagai guru honorer di SMPN I Batu untuk membiayai berbagai biaya sanggar.

Dengan kecintaannya terhadap budaya batik, tak heran jika Anjani dianugerahi SATU Indonesia Award oleh Astra pada tahun 2017. Jangan berkecil hati ya Moms, berikut 5 manfaat bermain bagi kecerdasan anak. Bermain merupakan aktivitas yang sangat penting. anak-anak. Selain menyenangkan, bermain memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak, termasuk kecerdasan. dianrakyat.co.id.co.id 7 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post InJourney Airports: 7,9 Penumpang Dilayani Selama Musim Lebaran 2024
Next post 7 Potret Pernikahan Virzha dengan Perempuan Keturunan Arab, Digelar Terbatas