Ayah dan Anak Ini Temukan Fosil Reptil Laut Raksasa

Read Time:1 Minute, 35 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Fosil rahang ditemukan seorang gadis Inggris dan ayahnya di sebuah pantai di Somerset, Inggris. Rahang yang menjadi fosil itu milik reptil laut besar yang berumur 202 juta tahun.

Laporan dari Reuters menyebutkan pada Senin (22/4/2024) bahwa reptil laut berukuran besar tersebut diyakini sebagai salah satu hewan terbesar yang pernah dilihat dunia. 

Peneliti pada Rabu (17/4/2020) mengatakan, tulang yang disebut surangular itu berasal dari sejenis reptil laut bernama Ichthyosaurus. Dengan membandingkan tulang serupa pada ichthyosaurus yang berkerabat dekat, para peneliti memperkirakan makhluk era Trias, yang mereka beri nama Ichthyotitan severnensis, memiliki panjang 72 hingga 85 kaki, atau 22 hingga 26 meter. 

Ia mungkin menjadi reptil laut terbesar yang diketahui, menyaingi paus balin terbesar yang hidup saat ini.  Dianggap sebagai hewan terbesar yang pernah hidup di dunia, paus biru bisa mencapai panjang hampir 100 kaki atau 30 meter. 

Ketika dinosaurus menguasai daratan, reptil laut menguasai lautan. Berevolusi dari nenek moyang terestrial, ichthyosaurus berkembang selama sekitar 160 juta tahun sebelum menghilang 90 juta tahun yang lalu, memakan ikan dan kerabat cumi-cumi serta reptil laut lainnya serta melahirkan anak-anaknya.

Ichthyotitan diketahui hanya dari dua rahangnya. Ruby Reynolds dan ayahnya Justin Reynolds menemukan tulang rahang pada tahun 2020 di Blue Anchor di Somerset. Pada tahun 2016, individu Ichthyotitan lainnya ditemukan di lepas pantai Somerset di Lilstock.

Dean Lomax, ahli paleontologi di Universitas Manchester dan Universitas Bristol dan penulis utama penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE, mengatakan sungguh luar biasa membayangkan ichthyosaurus raksasa seukuran paus biru berenang di lautan. Periode Trias adalah masa ketika dinosaurus hidup di daratan yang sekarang disebut Britania Raya (UK).

Ruby Reynolds, yang saat itu berusia 11 tahun dan sekarang 15 tahun, menemukan pecahan berbentuk persegi saat berburu fosil di pantai bersama ayahnya.  Ruby terus mencari di area tersebut dan menemukan potongan kedua yang sebagian terkubur di lereng berlumpur.  Potongan kedua lebih besar dari potongan pertama. 

Kemudian mereka menghubungi…

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Gerhana Matahari Total April 2024: Saksikan Jupiter, Venus, dan Komet Langka!
Next post Review Film Civil War: Horor Perang Saudara di Mata Jurnalis Foto