Bangun Karakter Kebangsaan, Universitas MH Thamrin Gelar LDBN

Read Time:2 Minute, 12 Second

Bogor – Universitas MH Thamrin (UMHT) kembali menyelenggarakan Kegiatan Latihan Dasar Pertahanan Negara (LDBN) untuk ke-26 kalinya sejak tahun 1997. Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru tahun 2023/2024. pada tahun ajaran untuk membangun karakter bangsa atau cinta tanah air. 

Abdul Bari, SE, MARS Ketua Yayasan Pendidikan Abdul Radjak menyampaikan bahwa pendiri yayasan, Dr. H. Abdul Razak sejak awal ingin anak didiknya mempunyai kemampuan ilmiah dan budi pekerti yang baik, salah satunya adalah rasa cinta terhadap Indonesia. . 

“Kegiatan LDBN ini telah dilaksanakan sejak tahun 1997 dan menjadi ciri khas Universitas MH Thamrin. Hal ini sesuai dengan visi pendiri yayasan Dr. H Abdul Razak yang ingin mahasiswanya mempunyai karakter yang baik, seperti cinta kasih. untuk negara,” kata Barry saat ditemui, Senin, 18 September 2023 di Training Camp LDBN, Desa Pasadena, Cipayung Puncak, Bogor. 

Menurut Barry, rasa cinta tanah air merupakan faktor penting dalam pembentukan karakter seseorang di kemudian hari, dalam menunaikan tugas sebagai warga negara, misalnya saja membela kedaulatan negara. 

Insya Allah dengan adanya kegiatan LDBN ini mahasiswa kita akan mempunyai karakter yang baik dan bertanggung jawab secara keilmuan, ujarnya. 

Pada saat yang sama Dr. Daeng Muhammad Fakih selaku Rektor UMHT mengatakan, ikatan antara LDBN dan universitas merupakan pemikiran yang visioner. Universitas mempunyai tiga aspek objektif yaitu kognitif, psikomotor (keterampilan kompeten) dan afektif atau karakter. 

“Universitas mengincar 3 aspek, misalnya kemampuan kognitif atau literasi yang baik, yang kedua kemampuan psikomotor atau kompetensi yang baik, lalu yang ketiga yang sering diabaikan adalah aspek emosional atau karakter.”

Deeng mengatakan, tujuan kegiatan LDBN adalah memenuhi ketiga aspek tersebut secara utuh dan tidak melupakan aspek emosional dalam pembentukan karakter. 

“Kami sebenarnya ingin menggalakkan LDBN ini agar memenuhi ketiga aspek tersebut secara utuh, terutama aspek afektif dalam pembentukan karakter yang tidak boleh diabaikan. 

Selain itu, kata Deeng, pemerintah telah menyatakan bahwa sumber daya manusia yang unggul didasarkan pada karakter, baik karakter moral maupun karakter kerja. 

“Nah, kegiatan LDBN akan membangun dua karakter ini. Yang pertama adalah kedisiplinan, tingkat kerjasama atau solidaritas yang baik, nah, itu bukan pengetahuan, bukan keterampilan, tapi karakter,” jelas Deen. 

FYI, Diklat Dasar Bela Negara di Universitas MH Thamrin merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru. Selain itu, UMHT juga bekerja sama dengan pelatih TNI AU untuk melatih fisik peserta dan memberikan materi bela negara. 

Kemudian, selain materi terkait kebangsaan dan cinta tanah air, juga dilakukan pelatihan dasar berbaris dan disiplin. LDBN juga mencakup kegiatan sosial dan kemanusiaan yang bertujuan untuk meningkatkan kepemimpinan dan kesadaran sosial di antara anggotanya. 

Hal ini dapat mencakup pelatihan manajemen bencana, pertolongan pertama atau partisipasi dalam proyek sosial.  UI berjanji akan membantu mengungkap misteri kematian Aksena Setelah 9 tahun, kasus kematian Aksena akan kembali diselidiki. dianrakyat.co.id.co.id 6 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Anak Tantrum Terus Menerus di Luar Batas, Bisa Jadi Mengalami Tantrum Abnormal
Next post Harga Emas Pegadaian Hari Ini Kompak Naik, Antam Dipatok Rp 1.348.000 Segram