Baru Dirilis, Aplikasi Ini Permudah Karyawan Kasbon Secara Digital

Read Time:1 Minute, 39 Second

JAKARTA – PT Ayo Kasbon, Indonesia, sebuah startup teknologi keuangan, resmi meluncurkan inovasi layanan keuangan Ayo Kasbon bertepatan dengan Hari Buruh di Jakarta pada Rabu (1/5/2024). Program Ayo Kasbon bertujuan untuk memfasilitasi para pegawai, pembantu atau pekerja agar dapat mengambil gajinya sebelum hari gajian.

Ari Gunawan, Direktur PT Ayo Kasbon Indonesia, mengatakan banyak informasi mengenai masyarakat yang bermasalah dengan platform online ilegal (nanas) atau pinjaman hiu. Berdasarkan hal tersebut, PT Ayo Kasbon Indonesia mengembangkan inovasi kasbon digital khususnya bagi para staf, karyawan atau pekerja, ”kata Ari dalam keterangan resminya.

Ia mengatakan, dengan aplikasi ini, pegawai, pembantu, dan pekerja bisa menarik sebagian gajinya sebelum tanggal jatuh tempo tanpa dikenakan bunga. Proses pengajuan obligasi dapat disederhanakan, aman, cepat dan fleksibel.

Ari menjelaskan dengan model bisnis Ayo Kasbon, pasar yang ingin dibidik adalah perusahaan industri/pabrik, pekerja kantoran, pihak luar, dan pekerja kantoran. Ayo Kasbon juga dapat memfasilitasi perusahaan yang saat ini menerapkan praktik manual Kasbon untuk melakukan konversi ke digital tanpa membebankan biaya kepada perusahaan.

Ari menjelaskan, proses pengajuan kartu debit manual saat ini adalah pegawai mengisi formulir lalu menuju bagian Sumber Daya Manusia (SDM) untuk otorisasi. Kemudian jika disetujui, bagian HR akan mengirimkannya ke bagian keuangan dan kemudian dibayarkan secara tunai.

Di saat yang sama, ia menambahkan, penerapan uang digital saat ini memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada yang gajinya tetap, sampai 90% gaji, juga sampai 2-3 kali gaji, dan proses pelunasannya setor tunai dicicil dan dikenakan bunga.

“Kasbon berbeda dengan platform lain karena Kasbon maksimal dibatasi 30-40% tergantung kesepakatan dengan perusahaan. Jadi cicilannya bebas bunga dan kami hanya membebankan biaya administrasi per kasbon, ”jelasnya.

Ari menjelaskan, hal itu didasari pemahaman bahwa cashbon bukanlah pinjaman melainkan gaji pegawai yang dipotong sebelum hari gajian. Untuk pembayarannya, gaji karyawan dipotong langsung pada saat dibayarkan.

“Jadi berbeda jauh dengan Pinjol yang merupakan pinjaman dengan sejumlah biaya administrasi, bunga, dan beban lainnya, serta beban administrasi dan pembayaran melalui penagihan utang. Ini adalah kesalahan. Intinya antara Ayo Kasbon dan Forum Pinjol,” dia menjelaskan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Perpaduan Gaya Ikonik yang Modern di Koleksi Terbaru Alas Kaki Asal Jerman
Next post Threads Resmi Diluncurkan di Eropa