Cara Ilmiah Mencukur Bulu Domba agar Tak Menimbulkan Rasa Sakit

Read Time:1 Minute, 31 Second

LONDON – Di luar negeri, bulu domba digunakan sebagai pelapis jaket untuk memberikan kehangatan. Bulu domba yang digunakan bukan bulu sintetis, melainkan asli, dipotong langsung dari mamalia tersebut. Lalu apakah domba merasakan sakit saat dicukur?

Sejumlah video yang beredar di media sosial memperlihatkan seseorang sedang mencukur bulu domba. Selain itu alat yang digunakan juga cukup seram yaitu alat pemangkas atau silet yang ukurannya cukup besar.

Sekadar informasi, domba dicukur agar ada wol di bagian dalam bulunya. Mendapatkan wol yang cukup dari seekor domba membutuhkan seseorang yang ahli dalam tidak menyakiti hewan tersebut.

Menurut RSPCA, pencukuran bulu domba membutuhkan penanganan yang tenang. Jika tidak, hal ini dapat menyebabkan stres pada domba. Selain itu, mencukur sendiri merupakan pemicu stres akut.

Potensi rasa sakit terjadi ketika domba tersayat atau terluka saat dicukur. Perawatan luka harus segera dilakukan dan jika lukanya dalam dan memerlukan penjahitan, penggunaan analgesik topikal harus dipertimbangkan.

Namun, banyak sekali manfaat yang didapat domba dari mencukur bulunya. Hal ini juga berkaitan dengan kesehatan mamalia itu sendiri, karena bulu di tubuhnya terus tumbuh.

Menurut Sheepshearer, bulu domba biasanya dicukur setiap 6 bulan sekali pada musim semi atau bulan-bulan hangat. Bulu domba yang tebal bisa membuat mereka cepat lelah dan tidak nyaman saat cuaca panas.

Begitu bulunya dicukur, bobot domba juga bisa meningkat drastis dan menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Pasalnya, mereka tidak perlu memikul beban bulunya yang bisa mencapai puluhan kilogram.

Mencukur bulu domba betina yang bunting dapat membantu mengurangi risiko komplikasi saat melahirkan. Hal ini memudahkan anak domba untuk menemukan puting susu induknya, karena mereka tidak dapat secara tidak sengaja menghisap bulu di sekitar ambingnya.

Petani dan pencukur sangat baik dalam memberikan pertolongan pertama pada hewan ternak. Mereka juga tidak ingin hewan itu menderita. Selain itu, jika ada domba yang terluka parah akibat pencukuran, mereka akan segera memberikan perawatan. Pasalnya, mengganti kawanan domba tidaklah murah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 10 Ide Ngabuburit di Rumah Buka Puasa Tetap Seru, Lebih Hemat Duit
Next post Deteksi Tanda Parkinson dengan Konsep TRAP, Begini Cara Mengetahuinya