Jalan Sulit Dilalui Shin Tae Yong hingga Berhasil Antar Timnas Indonesia ke Gerbang Kemenangan, Dulu Diremehkan

Read Time:3 Minute, 18 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Timnas U-23 Indonesia menorehkan sejarah baru di sepak bola Tanah Air. Mereka mengalahkan Jordan 4-1 pada Minggu sore, 21 April 2024, dan lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024.

Kesuksesan tim Garuda Muda merupakan hasil kerja keras para pemain dan strategi baik pelatih Shin Tae Yong. Hal ini mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan rasa bangganya melalui postingan Instagramnya. Ia mengucapkan terima kasih kepada para pemain, pelatih, ofisial dan seluruh suporter atas dukungannya.

Melansir Health dianrakyat.co.id, Eric mengatakan: “Luar biasa! Timnas U-23 Indonesia tampil apik. Indonesia melaju ke babak 8 besar Piala Asia U-23 setelah menang telak 4-1 melawan Jordan. Dia membuat sejarah .” Pada hari Senin. 22 April 2024.

Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, ofisial dan tentunya dukungan serta doa seluruh masyarakat Indonesia dan pemerintah. Saya bangga!

Tak sedikit warganet khususnya pecinta sepak bola yang mengikuti perjalanan pelatih Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia.

Ada perkembangan penting sejak awal masa sulit hingga saat ini.

Pria yang akrab disapa STY ini menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak Januari 2020. Sejak saat itu, berbagai prestasi mulai tercatat dalam sejarah Timnas.

Seperti diketahui, tahun 2020 merupakan masa dimana wabah besar Covid-19 menyerang dunia, termasuk Indonesia.

Di tengah situasi sulit tersebut, pria kelahiran 11 Oktober 1970 ini mengerahkan bakatnya untuk memajukan tim sepak bola Indonesia.

STY dinyatakan positif Covid-19 saat menjalankan tugasnya sebagai pelatih Timnas. Kabar buruk ini muncul setelah hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) diumumkan pada Jumat malam, 19 Maret 2021.

“Awalnya Shin Tae Yong mengaku sedang tidak enak badan pada Kamis (18/3). Kemudian dilakukan tes PCR atas instruksi Presiden PSSI. Hasilnya baru keluar pada Jumat malam, 19/3, kata Wakil Sekjen Yunus Nusi dalam keterangan di laman resmi PSSI pada Maret 2021, seperti dilansir Channel Bola dianrakyat.co.id.

Karena ada riwayat penyakit paru-paru kronis, COVID-19 mungkin merupakan ancaman besar terhadap IMS.

Untungnya, Shin Tae Yong tidak mengalami gejala serius selama ini dan bisa pulih.

Bepergian berlatih bersama timnas Indonesia bukanlah perkara mudah. Sempat sering mengalami kekalahan demi kekalahan, dunia sepertinya sudah terbiasa dengan kekalahan timnas kesayangannya.

Tak sedikit pecinta sepak bola yang putus asa dan menyarankan Shin Tae Yong untuk menyerah. Ada yang menyebut melatih Timnas Indonesia hanya akan merugikan resume Shin Tae Yong sebagai pelatih profesional.

Berbagai komentar negatif tersebut seolah dijadikan bahan bakar untuk menyalakan kembali semangat ketimbang menanamkan rasa putus asa dan keinginan untuk berhenti.

Seiring berjalannya waktu, Shin Tae-yong berhasil membuktikan bahwa masih ada harapan bagi Timnas Indonesia, meski di masa lalu sering dikritik sebagai tim yang kalah.

Di level senior, STY berhasil menaikkan peringkat Timnas Indonesia sebanyak 39 peringkat sejak 2019-2020, dari peringkat 173 menjadi peringkat 134 FIFA.

Meski tak meraih gelar juara Piala AFF, namun performa mereka di tahun 2020 menunjukkan kemajuan yang menjanjikan bagi masa depan timnas Indonesia, demikian diberitakan Bola.com.

STY meraih kesuksesan bersejarah bagi tim dengan mengantarkan Timnas Indonesia mencapai babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya pada tahun 2023.

Masih besar harapan para suporter timnas Indonesia untuk melihat mereka sukses lolos ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 di bawah kepemimpinan Hernando Ari dan kawan-kawan.

 

Di level junior, STY juga berhasil mengantarkan Timnas U-20 Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebelum meraih medali perunggu SEA Games 2021.

Prestasi penting lainnya adalah Timnas U-23 Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF U-23 2023, namun pada akhirnya harus puas di peringkat kedua.

Prestasi terbaru mereka adalah lolos ke Piala Asia U-23 2024 bahkan lolos ke babak gugur di laga pertama mereka di kompetisi tersebut.

Meski banyak prestasi yang berhasil diraih, masih banyak sejarah yang menunggu untuk dituliskan oleh Shin Tae Yong dan Timnas Indonesia.

Namun, rumor yang menyebutkan kontrak sang manajer akan habis pada Juni 2024 membuat banyak pihak berharap kontraknya bisa diperpanjang.

“Tolong perpanjang kontrak STY yang sangat lama,” kata seorang warganet di kolom komentar Instagram Presiden RI Joko Widodo.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Detik-Detik Rezky Aditya Jadi Aktor Indonesia Pertama yang Debut di Dispatch, Pesonanya Ngga Kalah dari Oppa Korea
Next post 5 Contoh Teks Surat Lamaran Kerja, Referensi Biar Cepat Dilirik HRD