Khasiat Mentimun dan Cara Mengolahnya, Bagus untuk Tangkal Kolesterol dan Gula Darah

Read Time:2 Minute, 45 Second

dianrakyat.co.id, Mentimun Batavia merupakan buah yang termasuk dalam keluarga labu-labuan (cucurbitaceae). Buah yang mempunyai nama latin Cucumber Sativus ini berasal dari Asia Tenggara dan banyak ditemukan di Indonesia. Meski tergolong buah, namun rasanya yang menyegarkan membuat mentimun sering ditemukan bersama bumbu dan sayuran segar. 

Tak hanya itu, karena mentimun kaya akan vitamin dan mineral, baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Menurut Panganku, 100 gram mentimun mengandung 8 kalori, 97,9 gram air, 1,4 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 29 mg kalsium, 95 gram fosfor, 57,1 gram kalium, 314 mcg beta karoten, 7 mcg. folat, 1 mg vitamin C, dan 16 mcg vitamin C

Di bawah ini adalah beberapa manfaat makan mentimun dan cara mengelolanya agar tidak hilang. Informasi tersebut dihimpun pada Selasa (23/4/2024).

5 manfaat makan mentimun bagi kesehatan antara lain menurunkan kolesterol. Hal ini karena kandungan serat mencegah penumpukan lemak di dinding pembuluh darah, sehingga kolesterol lebih sedikit naik. Risalah tentang darah tinggi. Hal ini karena kandungan vitamin K pada mentimun berperan dalam menurunkan tekanan darah. Mengatur gula darah. Mentimun tidak mengandung pati, sangat tinggi serat dan air. Ini membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali untuk interval waktu yang lebih lama. Melembabkan kulit. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga kulit mendapat kelembapan yang cukup. Mencegah Osteoporosis. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin K pada mentimun.

Bahan: 500ml

Yang harus dilakukan – Cuci mentimun, potong sangat tipis, kupas daun mentimun dalam botol air 500ml dan minum selama 2-4 jam.

Bahan: 6 siung bawang putih yang dihaluskan 3 sendok teh minyak (sebaiknya minyak zaitun) 2 mentimun 2 sendok teh garam 1 sendok teh garam 1 sendok teh minyak wijen 1 sendok makan minyak wijen.

Caranya: Hancurkan 1 siung bawang putih, campur dengan 3 sendok makan minyak, lalu haluskan sisa bawang putih selama 2-3 menit. Dalam mangkuk, campurkan bahan-bahan yang telah disiapkan sebelumnya untuk pengobatan (bawang putih, garam, gula pasir, minyak wijen dan cuka) hingga timun dan pengobatan tercampur. Siap untuk dimakan.

Bahan: 2 buah timun ukuran sedang, 1 buah jeruk nipis, 500 ml air, madu murni, 500 ml dan 50 ml air (untuk sirup) 100 g es batu kelapa 1 sdm kemangi direndam dalam 1 sdm air panas.

Cara membuat: Larutkan satu buah timun dalam 5 sendok makan madu dan 50 ml air, lalu campurkan bahan-bahan (mentimun selamat datang, madu, daun kemangi, es batu, dan air jeruk nipis). Bersemangatlah. Mentimun beku siap disajikan.

Bahan: 1 1/4 cangkir mentimun potong dadu, secangkir irisan almond

Caranya: Campurkan potongan timun dan timun dengan garam. Setelah itu, aduk perlahan selama kurang lebih 10 menit, masukkan bawang bombay dan merica ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air panas. Tempatkan dalam mangkuk sampai halus, dan dinginkan selama minimal 4 jam sebelum disajikan.

Mentimun termasuk makanan rendah purin yang cocok untuk penyakit asam urat.

Mentimun mengandung senyawa sativa yang dikenal memiliki sifat anti kanker sehingga membuat buah ini terasa pahit. Selain rasanya yang pahit, senyawa ini dapat menimbulkan gas dan masalah pencernaan lainnya jika dikonsumsi berlebihan.

Mengonsumsi mentimun di malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menjaga berat badan yang sehat.

Kombinasi minuman ini ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri berbahaya; Dapat menghilangkan virus, peradangan dan radikal bebas.

Menurut Boldsky, tomat; Campuran jus mentimun dan lada hitam dilaporkan dapat menurunkan berat badan secara signifikan dalam waktu sebulan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Organisasi Mahasiswa UNM Tempat Asah Kemampuan dan Kesiapan Masuk Dunia Kerja
Next post Ben Doak Gagal Bela Skotlandia di Euro 2024