Lima Tahapan Gerhana Matahari Total 8 April 2024

Read Time:1 Minute, 56 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Gerhana matahari total 2024 akan tampak di langit Amerika Utara pada Senin (4 Agustus 2024). Meski seluruh Amerika Utara dan Amerika Tengah akan mengalami setidaknya gerhana sebagian, namun gerhana dalam jalur selebar sekitar 185 kilometer itu akan melewati 15 negara bagian AS. Meksiko dan Kanada juga akan melihat totalitas ketika Bulan menutupi seluruh piringan matahari. 

Apa saja lima fase gerhana matahari total 2024 pada Senin (4 Agustus 2024)? 

Tahap pertama: Kontak pertama 

Seperti dilansir Space, Senin (8/4/2024), pada fase pertama gerhana matahari total, sebagian pengamat akan melihat pita gelap panjang dan bergerak cepat yang disebut “shadow belts” atau pita bayangan di sisi-sisinya. bangunan atau di tanah. Partikel Bayley, yang tercipta dari aliran cahaya melintasi lembah cakrawala bulan, juga dapat dilihat di tepi Bulan pada tahap awal ini. Fenomena ini terulang pada gerhana matahari sebagian kedua yang terjadi setelah gerhana matahari total. 

Pada tanggal 8 April, gerhana sebagian ini pertama kali terlihat di dekat Puali’i, Hawaii, pada pukul 06:27 waktu setempat (12:27 waktu setempat, 16:27 GMT)

Tahap kedua: Kontak kedua

Kontak pertama akan berlangsung selama 70 hingga 80 menit, yang akhirnya akan ditandai dengan titik terang, atau “cincin berlian” yang muncul di tepi Bulan. Ini menandai kontak tahap kedua dan menandakan datangnya totalitas. Gerhana matahari total akan terjadi pada Senin (4/8/2024) di Mazatlan, Sinaloa, Meksiko, pukul 09.51 waktu setempat (12.51 EDT, 16.51 GMT). 

Fase ketiga: Secara keseluruhan

Fase ketiga dan titik tengah gerhana matahari total adalah gerhana matahari total. Saat itu, Bulan menutupi seluruh piringan Matahari. 

Di seluruh atmosfer luar Matahari, Korona terlihat seperti pita putih di tepi Bulan. Wilayah ini sering bermandikan cahaya terang dari permukaan Matahari, yaitu fotosfer. 

Atmosfer bagian dalam Matahari, yang disebut kromosfer, dapat dilihat sebagai lingkaran cahaya tipis di sekitar tepi Bulan. Secara keseluruhan, hal ini juga dapat membuat bintang dan planet terlihat di langit gelap yang biasanya tidak terlihat di AS pada siang hari. 

Pada Senin (4/8/2024), lokasi gerhana matahari total pertama akan terjadi di Mazatlan, Sinaloa, Meksiko pada pukul 11.07 waktu setempat (14.07 EDT, 18.07 GMT). Lokasi pertama yang menyaksikan gerhana matahari total di Amerika Serikat adalah di dekat Florentino Ramos Colonia, Texas, AS, pada pukul 13.27 waktu setempat (14.27 EDT, 18.27 GMT) 

Waktu terjadinya gerhana matahari total bergantung pada…

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 5 Green Flag Dalam Hubungan, Tanda Hubungan Sehat dan Berpotensi Langgeng
Next post Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto