Menengok Rumah Menteri di IKN yang Hampir Rampung, Diklaim Lebih Kecil Dibanding di Jakarta dan Pakai Produk Lokal

Read Time:3 Minute, 44 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Pembangunan ibu kota negara atau IKN Nusantara masih terus berjalan. Saat ini, tingkat pertumbuhannya mencapai 78 persen. Status Menteri Rumah Pendaratan yang tadinya mencapai 50 persen, kini mencapai 78 persen, kata Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga.

Pembangunan RTJM menjadi prioritas karena sebagian besar kementerian akan beralih ke IKN mulai Juli 2024, termasuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dipimpin Menteri Basuki Hadimuljono.

Rumah menteri yang dibangun lebih bagus dibandingkan rumah menteri di Jakarta. Hal itu diketahui dari unggahan channel YouTube Dian Rana dan TikTok pada 19 Februari 2024. Kita melihat rumah menteri yang terlihat mewah dan berperalatan modern.

Beberapa perlengkapannya seperti tempat tidur baru, lampu gantung kristal yang cantik, serta ruang makan yang sederhana namun elegan. Kamar tidurnya juga terlihat seperti kamar hotel bintang lima.

Di sisi lain, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyatakan, rumah pemerintah yang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak sebagus rumah pemerintah di Jakarta sekarang.

Hal itu diungkapkan Azwar Anas saat menjawab pertanyaan seputar kabinet IKN yang selama ini ia nikmati dan diskusikan dengan publik. Sebenarnya menurut saya rumah menteri yang sekarang (dibangun di IKN) lebih kecil dibandingkan rumah menteri di Jakarta. Langka, malah tanahnya terlalu kecil, bangunannya juga langka,” kata Azwar Anas di Istana Kepresidenan. di Jakarta pada Senin, 26 Februari 2024.

Menurut Azwar, dirinya tidak membicarakan mewah atau tidaknya rumah menteri di IKN, namun menurutnya rumah menteri di IKN lebih kecil. IKN Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat menyatakan interior dan furnitur kantor menteri IKN menggunakan produk dalam negeri.

 

Gedung kantor menteri merupakan bagian dari pengembangan IKN di Kalimantan Timur, sehingga diharapkan para menteri dapat tinggal dan bekerja di IKN. Tahun ini peringatan HUT RI direncanakan di IKN, sehingga pembangunan kawasan, ruang publik dan publik, serta proyek infrastruktur kehidupan kawasan dan penataan ruang harus diselesaikan.

Laporan Antara, 16/02/2024, Kementerian PUPR telah membangun 36 unit rumah menteri di kavling nomor 104 sebanyak 24 unit rumah dan kavling nomor 105 sebanyak 12 unit rumah beserta prasarana, sarana dan komunikasi serta pekerjaan konstruksi telah dimulai. pada 7/12. /2022. .

Kementerian PUPR terus mempercepat pembangunan 36 rumah menteri di Wilayah IKN Pusat (KIPP). Saat ini, sedikitnya telah dibangun 32 rumah di KIPP IKN 104 dan telah ditanami 105 petak dan pohon.

PUPR juga berupaya meningkatkan pemanfaatan lahan yang tersedia dan mengurangi penebangan pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan. Di KIPP IKN dibangun dua tipe rumah, yaitu tipe tanah sebanyak 11 rumah dan tipe bukit sebanyak 25 rumah.

 

Selain itu, pembangunan rumah berjalan sesuai dengan sifat tanahnya dan para pekerja juga telah menanam pepohonan hijau serta menata jalan setapak di sekitar lokasi pembangunan agar lingkungan tetap hijau dan rindang sehingga tercipta kedamaian di tempat tersebut.

Selain itu, pemerintah akan mulai melakukan mutasi pegawai negeri sipil (ASN) pada Agustus 2024. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memastikan penggunaan 12 menara ASN.

Ketua Panitia Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota (IKN) Nusantata Danis Sumadilaga menyatakan, pembangunan 12 gedung ASN dijadwalkan selesai pada Juni 2024. Insya Allah bisa tercapai. Progresnya sejauh ini sekitar 30 persen,” kata Danis kepada Liputan6. .com pada Senin, 26 Februari 2024. , lansir portal bisnis dianrakyat.co.id.

Ditegaskannya, saat ASN berpindah ke IKN kelompok pertama, menara ASN menjadi isu utama. Di sisi lain, sedang disusun rencana pengembangan kegiatan IKN secara keseluruhan. “Sampai Juni 2024, targetnya ada 12 ASN dan Rusun Satpam dengan total 720 unit,” ujarnya.

 

Diketahui, menara ASN merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur IKN Gelombang II. Pada 22 Februari 2024, luas bangunan kavling 2 mencapai 24,32 persen. Saat ini pada gelombang I sudah 76,4 persen. Hasil keseluruhannya adalah 43,19 persen.

Berdasarkan dokumen Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), rumah PNS dan satpam tersebar di Kawasan Pusat Kawasan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dan sudah mengalahkan. negara. luas 45,91 hektar.

Total ada 47 tower mezzanine PNS dan Hankam yang memiliki total 2.820 apartemen yang masing-masing berukuran 98 meter persegi. Gedung tersebut berisi 31 apartemen ASN dengan total 1.860 apartemen untuk 5.580 orang.

Rumah kamtibmas tersebut terdiri dari 7 rumah POLRI dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rumah yang akan digunakan Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres), total 960 rumah yang mampu menampung 2.880 orang.

Jumlah tersebut masih rendah dibandingkan program mutasi ASN yang digagas Kementerian PANRB. Pasalnya, sekitar 12 ribu pegawai yang terdiri dari JPT Madya, JPT Pratama, jabatan administrasi, jabatan operasional, dan manajer dari 38 kementerian/departemen secara bertahap akan berpindah ke IKN hingga Desember 2024.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 100 Kata-Kata Selamat Wisuda Bahasa Inggris, Bikin Berkesan dan Mengharukan
Next post Arsenal Kembali ke Puncak Klasemen Liga Primer Inggris Seusai Gebuk Luton