Mudik Lebaran 2024, Menhub Sebut 3 Jalur Ini Menantang untuk Ditangani

Read Time:3 Minute, 3 Second

dianrakyat.co.id, Jalan Tol Jakarta – Sikopo-Palimanan (Sipali); Pelabuhan Merak Khususnya lalu lintas domestik di jalur jalan raya termasuk Banten menjadi tempat yang paling sulit diatur saat mudik Lebaran 2024.

Pengumuman itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi wisatawan nusantara di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

Di antara ketiga jalur jalan tersebut, Tol Cipali dan Pelabuhan Merak merupakan dua jalur yang paling sulit, kata Budi.

Total rumah tangga di sektor pertanahan meningkat 13 persen, kata Budi. Volume transportasi relatif tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu, berkisar antara 2 hingga 3 persen. “Bahkan di Tsipali ada kenaikan 23%, tapi tidak ramai,” ujarnya.

Menteri Perhubungan Budi mengatakan, situasinya tidak terlalu sulit untuk kembali ke sekitar pelabuhan Merak. Pada periode puncak 6-7 April 2024, antrian penumpang mencapai lebih dari 10 kilometer. Budi menduga hal ini disebabkan ketidaktaatan calon penumpang dalam mendapatkan tiket perjalanan.

“Seperti yang dikatakan Presiden, jumlahnya terlalu tinggi, jadi saya mohon maaf karena tidak menaati pengguna. Jika ada tiket di kereta, saya akan datang. Saya akan menunggu selama 2 jam. Jika ada yang tidak, Kalaupun saya datang besok, saya sudah membeli tiket. “Antriannya lebih dari 10 kilometer,” ujarnya.

 

Untuk amannya, Budi mengabarkan, perjalanan pulang dengan kereta api telah direncanakan dengan baik agar tidak membuat calon penumpang berdesak-desakan. “Sejauh ini penjualan tiket sudah 98 persen, tinggal 2 persen lagi,” ujarnya.

Selain itu, di bidang wisata udara, Menteri Perhubungan Budi mengatakan jumlah pesawat yang dikerahkan sebanyak 420 unit. “Sebenarnya penggunaan pesawat sudah maksimal. Jadi kita bisa menambah jumlah penumpang dengan 420 pesawat, lalu lintas sulit, bandara akan kita tambah lagi pada sore dan malam hari,” ujarnya.

Khususnya Pangkalan Bun, Batam Budi mengatakan, mereka juga bisa memantau perjalanan pulang melalui jalur laut di Samarinda dan Balikpapan. “Masalahnya ada di Jawa Timur, khususnya di Tapal Kuda dan Madura. Namun katanya, “Saya sudah commissioning kapal di sana dan kapal Pelni, jadi tinggal beberapa orang yang menunggu sampai selesai.”

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Senin; 8 April Tahun 2024 di Stasiun Pasar Senen Jakarta, proses mudik Idul Adha langsung dicek. Dalam kunjungannya, Jokowi telah melihat kesiapan infrastruktur dan manajemen pelaksanaan repatriasi yang terkendali dengan baik.

“Semuanya tertata jelas, di dalam kereta semuanya bersih dan rapi, jadi tidak ada yang terburu-buru, semuanya baik-baik saja, di Stasiun Pasar Senen semuanya baik-baik saja,” kata Jokowi.

Pada peninjauan ini, Presiden menjabat bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Dirjen KAI Didiek Hartantyo.

Didiek mengatakan, penumpang berangkat sebanyak 20.636 orang dan kondisi Stasiun Pasarsenen saat ini masih baik meski ramai calon penumpang. Pantauan pukul 08.00 WIB Senin (8/4) Stasiun Pasarsenen menampung 20.636 penumpang. Jumlah penumpang yang tiba di stasiun sebanyak 9048 orang.

Berdasarkan pantauan data, Senin (8/4) hingga pukul 08.00 WIB, sebanyak 2.788.987 tiket telah diterbitkan selama periode H-10 (31 Maret) hingga H+10 (21 April), seiring dengan perkembangan jumlah penumpang di Tanah Air. . Jumlah penjualan tiket akan meningkat.

 

KAI meminta seluruh pelanggan memberikan waktu yang cukup saat melakukan perjalanan menuju bandara. Hal ini sebagai upaya menghindari kemungkinan ketinggalan kereta.

Misalnya kepadatan lalu lintas meningkat pada musim mudik lebaran atau saat lainnya. Kami mengingatkan pelanggan bahwa mereka dapat menggunakannya sebagai transportasi untuk kembali ke negara asalnya dengan mengatur waktu penerbangan ke stasiun keberangkatannya.

Didiek mengatakan, seluruh pegawai KAI dilarang mengambil cuti tahunan pada libur kali ini. Hal ini menyoroti fokus manajemen pada layanan pelanggan selama musim puncak.

“KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan keamanan dan kenyamanan perjalanan yang mengesankan, terutama pada transportasi lebaran. Dengan demikian, kereta api menjadi rumah bagi perjalanan yang bahagia dan bermakna,” kata Didiek.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Selamat Tinggal Ompong, Ilmuwan Temukan Obat Penumbuh Gigi
Next post Bos KAI Commuter Buka Suara Soal KRL Tembus ke Karawang