Salah Persepsi Masyarakat Soal Cara Menyeduh Teh, Seharusnya Berapa Lama?

Read Time:3 Minute, 22 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Teh merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia. Ada banyak jenis yang memberikan kebebasan kepada peminumnya. Di era modern, teh instan lebih banyak disukai karena dianggap lebih praktis.

Karena instan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Banyak orang yang percaya bahwa semakin kuat rasa teh, semakin baik rasanya. Bahkan banyak orang yang menyeduh teh langsung dengan air mendidih. Namun, tahukah Anda kalau hal ini bisa menyebabkan teh “gosong”?

Demikian disampaikan Riyan, R&D F&B ID. Ia mengatakan, banyak orang yang melakukan hal tersebut dengan harapan agar teh yang diseduh akan memberikan aroma yang kuat. 

“Ada takaran teh khusus: rendam dalam air bersuhu 90 derajat selama dua hingga tiga menit. Fungsinya teh sama dengan kopi, mengandung kafein. dan itu akan menjadi masam,” kata Riyan kepada media di acara tersebut. Experience Chatime Atelier Living World Kota Wisata Cibubur Selasa 30 April 2024

Menyeduh teh dalam air mendidih dapat dengan mudah menyebabkan teh menjadi basi dan kehilangan aromanya, kata Rian. Namun, ia tak keberatan jika tetap ingin membuat teh dengan air mendidih. Ia hanya menyarankan untuk mengangkat daun teh pada waktu yang disebutkan di atas agar tidak mengeluarkan aroma yang menyengat.

Terkadang, ketika kita menyeduh teh khusus sesuai petunjuk, kita melihat bahwa warna teh itu sendiri menjadi lebih gelap dan tidak menonjol. Biasa saja. 

“Pasti ada (warnanya) teh hitam. Tidak akan terlalu gelap untuk bunga aster, rosella, atau telang,” kata Rian.

Warna setiap jenis teh akan berbeda-beda tergantung bahan utama teh yang digunakan. Jika kita membuat teh dengan bahan dasar bunga seperti kamomil, jangan berharap warnanya lebih dalam. Bahkan setelah diseduh dalam waktu lama, warnanya akan tetap sama, bahkan akan mempengaruhi tekstur teh. Sedangkan jenis teh seperti teh hitam yang bahan utamanya adalah daun, warnanya bisa lebih gelap tergantung lama teh diseduh.

Riyan juga memberikan tips memilih teh berkualitas bagi Anda yang suka menyeduh teh spesial, seperti teh hitam yang umum beredar di Indonesia.

“Untuk teh hitam, bisa dikenali dari aromanya. Aroma teh yang enak mudah memudar, namun memiliki sisa rasa yang melekat. Sedangkan dari warnanya, jika dibakar yang hitam lebih mirip campuran teh (teh). ), kata Rian.

Teh hitam campuran merupakan jenis teh yang lebih cocok digunakan sebagai bahan pembuatan es teh manis, teh susu, dan minuman campuran teh lainnya. Sedangkan jenis ini kurang cocok jika diolah begitu saja tanpa bahan tambahan.

Jaringan kafe Chatime Atelier, cabang premium Chatime Indonesia, 2024. 15 Maret dibuka kafe baru Living World Kota Wisata. Kafe berkonsep chic ini juga menawarkan beragam menu makanan dan jajanan yang sebelumnya tidak tersedia di Chatime Atelier.

“Chatime Atelier Living World Tourism City merupakan yang terbesar di dunia dan cabang ke-10 yang kami buka di Indonesia,” ujar Eva Triana Sidabutar, brand Director Chatime Indonesia pada pertemuan tahun 2024. pada hari Selasa, 30 April, di acara Media Experience.

Eva mengatakan Chatime Atelier cabang ini menawarkan pengalaman minum teh terbaik kepada pelanggan dengan konsep kafe mewahnya. Minuman Chatime Atelier merupakan penyempurnaan dari menu outlet reguler Chatime dengan bahan-bahan pilihan yang menjamin aftertaste yang lama.

Chatime Attealier Living World Kota Wisata di Lantai G juga mampu menampung hingga 70 orang. Eva mengatakan, mungkin akan ada menu makanan selanjutnya di Chatime Attealiers lainnya seperti Living World Kota Wisata dan menu baru akan diumumkan kemudian.

 

Chatime Atelier tidak hanya menawarkan menu tambahan dari toko Chatime biasa, tetapi juga menu infus teh osmanthus khusus. Teh Osmanthus merupakan salah satu jenis teh yang terbuat dari bunga Osmanthus fragrans yang terkenal dengan aromanya yang unik.

Chatime Atelier memperkenalkan Teh Osmanthus dan Teh Susu Osmanthus yang terinspirasi dari teh asal Tiongkok. Selain minuman, Living World cabang Kota Wisata juga menyajikan Osmanthus Panna Cotta yang lembut dan manis.

Chatime Atelier juga menawarkan beberapa jenis minuman di setiap cabangnya. Pilihan tersebut antara lain Signature Drink yang menyajikan menu favorit, Milky Ways yang menyajikan menu berbahan dasar susu, Classic Brew yang menawarkan teh spesial, Frussions and Fizzies segar, kopi berkafein, dan Frozen Tea”.

Selain itu, Chatime Atelier Living World Kota Wisata menawarkan beragam hidangan seperti tuna leleh panini, truffle atau keju goreng, serta Tiramisu rasa asli, Teh Hijau, dan Matcha.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kartika Putri Alami Stevens-Johnson Syndrome yang Bikin Kulit Ruam Kemerahan, Kondisi Apa Itu?
Next post Moody Itu Apa? Pahami Penyebab, Cara Mengatasi, dan Bedanya dengan Gangguan Mood