Spinosaurus, Spesies Dinosaurus Baru dengan Ukuran Raksasa Diidentifikasi di Spanyol

Read Time:2 Minute, 3 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Spinosaurus adalah spesies dinosaurus raksasa baru yang diidentifikasi di Spanyol. Sebuah tim ahli paleontologi dari Universitas Basque Country yang dipimpin oleh Erik Isasmendi menemukan spesies baru bernama Riojavenatrix lacustris. Spinosaurus termasuk dalam keluarga dinosaurus theropoda besar yang dikenal sejak pertengahan zaman Kapur.

Dalam pemberitaan Sci.news (25/3/2024), berikut fakta Spinosaurus, spesies dinosaurus baru yang ditemukan di Spanyol.

Spinosaurus termasuk dalam keluarga dinosaurus theropoda. Spesies ini memiliki ciri-ciri seperti tengkorak yang panjang, gigi berbentuk kerucut yang menyatu dengan tengkorak mirip buaya, dan tubuh yang kuat dengan cakar ibu jari yang besar. Secara ilmiah dikenal sebagai Riojavenatrix lacustris, mereka dapat tumbuh hingga panjang sekitar 7-8 meter, setara dengan 23-26 kaki, dan berat sekitar 1,5 ton. Spinosaurus bisa saja mencapai ukuran yang sangat besar, bahkan lebih besar dari Tyrannosaurus rex atau T-rex. Pada banyak spesies spinosaurus, duri yang menonjol membentuk layar di punggung dinosaurus.

Spinosaurus dianggap sebagai jenis dinosaurus pemakan ikan (piscivora). Hal ini disebabkan oleh bentuk giginya yang tajam serta ciri pendukung tengkorak dan rahangnya. Fosil Spinosaurus ditemukan tersebar di seluruh dunia, antara lain Afrika, Eropa, Amerika Selatan, dan Asia. Spesies Spinosaurus baru-baru ini diidentifikasi hidup di tempat yang sekarang disebut Spanyol. Spesies ini diperkirakan hidup sekitar 120 juta tahun yang lalu dan termasuk dalam kelompok makhluk yang hidup pada periode awal Kapur. Menurut Isasmendi, ahli paleontologi di Universitas Basque Country, Riojavenatrix lacustris merupakan salah satu spesies spinosaurus terbaru yang ditemukan di Iberia dan Eropa.

Ahli paleontologi mengatakan lima spinosaurus telah diidentifikasi di Kapur Bawah Semenanjung Iberia, bersama dengan Riojavenatrix lacustris. Spinosaurus Iberia lainnya termasuk Camarillasaurus dari Aragon, Vallibon Avenatrix dan Protathlitis dari Valencia, dan Iberospinus dari Portugal. Sisa-sisa fosil yang ditemukan menunjukkan bahwa Semenanjung Iberia adalah rumah bagi banyak dan beragam koleksi dinosaurus karnivora.

Para ilmuwan percaya bahwa dinosaurus ini adalah sejenis dinosaurus air. Artinya Spinosaurus bisa berenang dengan baik. Spinosaurus benar-benar terpisah dari dinosaurus lain karena mereka, seperti Spinosaurus lainnya, juga memakan ikan.

 

 

 

 

“Tyrannosaurus rex tetap menjadi satu-satunya raja dinosaurus yang sebenarnya,” kata ahli paleontologi Steve Brusatte, salah satu penulis studi analitik terbaru dan profesor di Departemen Ilmu Bumi di Universitas Edinburgh di Skotlandia.

Spinosaurus memiliki tubuh yang lebih panjang dibandingkan Tyrannosaurus rex.

Spinosaurus cukup terkenal saat ini karena ukurannya melebihi Giganotosaurus dan Mapusaurus.

 

 

Salah satu dinosaurus terbesar adalah Dreadnoughtus. Panjang totalnya sekitar 26 meter dan perkiraan beratnya sekitar 65 ton. Dreadnoughtus diketahui dari formasi batuan di selatan Patagonia, Argentina, sekitar 77 juta tahun yang lalu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 10 Potret Agatha Pricilla di Korea Selatan, Menangis saat Tidur di Bekas kamar Jungkook BTS
Next post Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai