Toilet Siswa MAN 1 Pamekasan Berbayar, Kemenag Kaget dan Buka Suara

Read Time:1 Minute, 43 Second

Pamekasan – Kasus kebijakan toilet 500 rupiah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan, Jawa Timur, terus memburuk.

Terkait kebijakan sekolah MAN 1 yang mengharuskan siswanya membayar biaya toilet sebesar 500 Rupiah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan tidak mengetahui hal tersebut. Mawardi terkejut melihat hal tersebut karena belum pernah dilakukan penelitian sebelumnya. perhatikan dia. sekolah atau direktur.

“Itulah mengapa saya terkejut hal seperti ini terjadi. Saya mengetahuinya karena viral di media sosial dan MAN 1 tidak memberi tahu kami tentang kebijakan ini,” kata Mawardi, dari Kementerian Agama Pamekasan.

Menurut kepala sekolah MAN 1 Pamekasan, kebijakan penghapusan biaya toilet bagi siswa laki-laki dimaksudkan untuk meningkatkan pembelajaran dan mengubah sikap siswa untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi, karena sebelumnya kamar mandi siswa sering digunakan sebagai ruang toilet. area merokok dan tempat siswa dapat bersembunyi selama kelas.

“Kebijakan ini kami buat untuk mengubah perilaku siswa. Kami rasa kebijakan ini tidak salah. Jika salah kami mohon maaf,” kata Nu’man Afandi, kepala MAN 1 Pamekasan. Menurutnya, akibat dari kebijakan toilet siswa berbayar tersebut diberikan kepada masjid setempat untuk bersedekah kepada siswa, dan bukan untuk kepentingan sekolah.

“Uang bagian kamar mandi pelajar tersebut kami sumbangkan ke masjid setempat,” imbuhnya. Numan menegaskan, penarikan sukarela itu hanya berlangsung selama tiga minggu, dan tidak lebih lama lagi.

“Kebijakan ini hanya bertahan selama tiga minggu yaitu pada tahun 2018, dan setelah itu hingga saat ini belum ada toilet berbayar,” tutupnya.

Sedangkan sesuai dengan Undang-Undang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayyah (SD/MI), Sekolah Menengah/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS) , dan sekolah menengah atas/Madrasah Aliyah (S.M.A./M.A.).

Peraturan sarana prasarana sekolah yang juga berlaku pada sekolah di bawah Kementerian Agama tidak mengatur secara jelas kewajiban siswa membayar toilet, meski alasan perubahan perilaku tersebut tidak tepat.

Laporan: Veros Afif (tvOne)

Baca artikel edukasi menarik lainnya melalui link ini. Sorotan Foto Aktor Drama Roh Jeong Eui Menghebohkan Netizen: Citra Asli Roh Jeong Eui menjadi berita utama ketika ia mengenang masa kecilnya dengan mengunggah foto-foto masa lalu di Instagram pribadinya.  dianrakyat.co.id.co.id 8 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Erick Ungkap Sejumlah BUMN yang Berpotensi Terdampak Konflik Iran dan Israel
Next post Pola Asuh Vincent Rompies Jadi Sorotan di Tengah Kasus Dugaan Bullying Anaknya