Utang Luar Negeri Rusia Menyusut Hampir 20%, Kini Sentuh Rp4.977 Triliun

Read Time:1 Minute, 29 Second

MOSKOW – Pemerintah dan perusahaan-perusahaan Rusia terus mengurangi jumlah utangnya kepada kreditor asing, menurut data resmi terbaru. Tingkat utang luar negeri Rusia akan turun hampir seperlima pada tahun 2023, ke tingkat terendah dalam lebih dari satu dekade.

Regulator Bank Rusia baru saja mempublikasikan data tersebut dalam laporan tahunannya. Bank Sentral menyatakan bahwa per 1 Januari tahun ini, “utang luar negeri Federasi Rusia berjumlah USD316,8 miliar (setara dengan Rp 4,977 triliun), turun sebesar USD68,2 miliar atau 17,7% (2023). “

Utang luar negeri adalah bagian dari utang nasional suatu negara yang dipinjam oleh negara, serta oleh sektor usaha swasta pemberi pinjaman asing seperti bank, IMF, perusahaan asing dan pemberi pinjaman lainnya.

Total utang Bank Sentral Rusia dan bank-bank lain tetap atau hampir tidak berubah sebesar USD94,7 miliar. Pada saat yang sama, utang pemerintah mengalami penurunan sebesar 29% dari USD46,1 miliar menjadi USD32,7 miliar.

Di sisi lain, total utang luar negeri sektor ekonomi lainnya berkurang 22,6% menjadi $189,4 miliar, kata laporan itu.

Regulator juga mencatat bahwa beban utang pada perekonomian Rusia berkurang, karena rasio utang luar negeri terhadap PDB turun menjadi 15,8% tahun lalu. Tingkat utang luar negeri saat ini berada pada level terendah dalam satu dekade, menurut Bank Rusia.

Seperti dilansir RT, Presiden Vladimir Putin mengatakan pada bulan Desember bahwa perusahaan-perusahaan Rusia akan wajib membayar kembali semua pinjaman yang diambil dari lembaga keuangan asing, seringkali lebih cepat dari jadwal.

Utang luar negeri Rusia mencapai angka tertinggi sepanjang masa pada tahun 2014, atau lebih dari USD 700 miliar. Karena sanksi Barat yang diberlakukan pada tahun 2014 atas reunifikasi Krimea dan penarikan modal non-I, kewajiban mulai menurun dengan sangat lambat. Penduduk.

Kampanye sanksi baru yang diluncurkan oleh Barat terhadap Moskow pada tahun 2022 semakin mempercepat penurunan utang luar negeri.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hindari Sisi Negatif, Siswa Harus Jaga Keamanan Akun Medsos di Ruang Digital
Next post 7 Cara Tingkatkan Daya Tarik dan Kepercayaan Diri untuk Miliki Kepribadian Menawan