1388 Atlet Ikuti IOAC 2023, Konsistensi PB Akuatik Indonesia Tuai Pujian Kemenpora

Read Time:2 Minute, 0 Second

dianrakyat.co.id – PB Akuatik Indonesia akan menyelenggarakan Indonesia Open Water Championship (IOAC) ke-5 yang digelar pada tanggal 12 hingga 20. Desember 2023 di Stadion Akuatik GBK Jakarta.

IOAC ini sekaligus menjadi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) Aceh-Sumut XXI 2024.

Ketua Panitia Penyelenggara IOAC 2023 Ali Tomiri mengatakan, ajang tersebut diikuti 1.388 atlet dari 210 klub di Indonesia.

Lebih spesifiknya, renang diikuti 951 atlet dari 191 klub. 99 atlet dari enam pemerintah provinsi dan enam klub menyelam. Renang artistik diikuti 116 atlet dari 8 negara dan 7 klub. Polo air 122 peserta.

“PB Aquatics Indonesia telah lima kali berturut-turut menyelenggarakan acara ini di bawah kepemimpinan Anindia Bakrie, namun terhenti karena Covid-19. Acara ini merupakan pengembangan lebih lanjut,” kata Ali Thamiri.

“Tentunya menggembirakan karena jumlah peserta dan klub di ajang ini semakin meningkat setiap tahunnya. Sehingga kami berharap dapat menampilkan atlet-atlet yang mampu membela Indonesia di ajang internasional,” lanjutnya.

Upacara pembukaan IOAC 2023 juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenporaa), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan NOC.

Asisten Deputi Bidang Ketenagaan dan Organisasi Olahraga (Asdep Tenor) Kemenpora M Azis Ariyanto yang mewakili Menpora menyampaikan apresiasi kepada Indonesia Aquatics yang konsisten menyelenggarakan kompetisi hingga menghasilkan bibit-bibit potensial.

Saya berharap pelaksanaan IOAC dapat berjalan lancar dan sesuai rencana. Dengan banyaknya atlet yang mengikuti ajang tersebut, selalu menjadi rekor tersendiri. Kami yakin Aquatics akan meraih kesuksesan. “ucap Azis.

“Dengan dukungan pelatih yang mumpuni, sarana dan prasarana yang baik, kami yakin hal tersebut akan tercapai. Renang merupakan salah satu cabang olahraga DBON. Jadi ini menjadi tantangan bagi kita semua.

“Pemerintah akan semaksimal mungkin mendukungnya, dan kita berharap prestasi tidak hanya di ASEAN dan Asia, tapi juga di Olimpiade, dan kita yakin itu akan tercapai di tangan Akuatik Indonesia,” dia berkata.

Sementara itu, Wakil Ketua Akuatik PB Indonesia Harlin Raharjo mengatakan sejumlah atlet diaspora akan mengikuti IOAC ini, salah satunya Felix Victor Iberle.

Perenang Indonesia pertama peraih medali emas Kejuaraan Renang Junior Dunia 2023 ini bersiap untuk bertanding di Kejuaraan Dunia 2024 di Doha.

Kami mengharapkan dia berkompetisi di gaya dada 100m dan kemudian gaya bebas 250m. Kami berharap dia mencapai tujuannya seperti yang kita nantikan di Piala Dunia di Doha nanti. Olimpiade”, katanya.

Indonesian Aquatics bermitra dengan Perkumpulan Renang Indonesia di OWS Festival di Bali Indonesia Aquatics bermitra dengan Perkumpulan Renang Indonesia untuk menggalakkan gerakan Ayo Berenang di OWS Festival di Bali. dianrakyat.co.id.co.id 5 April 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post DKI Jakarta Juara Umum Kejurnas Wing Chun, Bawa Pulang Piala Ketum Gus Men
Next post Mau Berkarier di Angkatan Laut? Daftar Saja di AAL yang Membuka 5 Prodi Terbaik