5 Buah Segar Penjaga Kadar Gula Darah, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Read Time:1 Minute, 51 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh asupan makanan. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga pola makan dan memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Oleh karena itu, risiko diabetes pun menurun. Rasa buahnya yang lezat mampu membantu proses penurunan gula darah sehingga tidak terlalu menyakitkan.

Dilansir beberapa sumber, Rabu (28/2/2024) berikut daftar buah-buahan yang mampu menjaga kadar gula darah.

Meski biasanya rasanya manis, menurut penelitian buah ini bisa menurunkan kadar gula darah! Jeruk mengandung glikemik rendah, sehingga tidak terlalu mempengaruhi gula darah. Selain itu, mengandung senyawa naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetes kuat.

Buah mangga bermanfaat dalam menurunkan gula darah dan obesitas. Faktanya, daunnya dipercaya bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes, serta menurunkan berat badan, kadar gula darah, dan kadar lemak darah.

Menurut penelitian, buah yang kaya akan lemak sehat, serat, vitamin dan mineral ini terbukti mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, konsumsi buah ini dapat melindungi dari perkembangan sindrom metabolik seperti hipertensi dan tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Apel mengandung quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang membantu menurunkan gula darah dan mencegah diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry kaya akan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 cangkir (250 gram) raspberry merah dapat menurunkan kadar insulin secara signifikan setelah mengonsumsi karbohidrat.

Beberapa sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan kangkung juga baik untuk menurunkan dan mengontrol gula darah.

Minum air yang cukup membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Selain itu, minum air yang cukup membantu menghindari dehidrasi dan juga membantu menghilangkan kelebihan gula melalui urin.

Daun salam mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kadar glukosa darah.

Mentimun dapat berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes. Mengandung bahan-bahan yang membantu menurunkan kadar gula darah atau mencegah kadar glukosa darah menjadi terlalu tinggi.

Bila Anda menderita diabetes, penting untuk menghindari atau mengurangi makanan yang menyebabkan gula darah Anda naik. Nah, buah pisang mampu meningkatkan dan menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hadapi Lonjakan Tamu saat Libur Nataru dengan Digitalisasi
Next post Lee Chae Min dan Ryu Da In Saling Lempar Kode Soal Hubungan Asmaranya, Fans Baper