Kemenhub Buka 18.017 Formasi untuk Seleksi CPNS 2024, Ada Penempatan di IKN

Read Time:3 Minute, 37 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) mencapai 18.017 formasi CPNS dan PPPK, yang merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Penerimaan CPNS 2024 juga akan mendapat slot di IKN.

Sebelumnya, Kementerian Negara, Reformasi Pemberdayaan dan Birokrasi (Kementerian Pan-RB) menyetujui usulan Kementerian Perhubungan untuk jumlah struktur aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 18.017 pegawai untuk CPNS dan PPPK pada tahun 2024, sebanyak 1.391 untuk Formasi CPNS dan CPNS. 16.626 untuk struktur PPPK.

“Jumlah ini sangat besar dan belum pernah terjadi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat serah terima izin utama pembentukan ASN Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2024 di kantor Kementerian Perhubungan. PAN-RB. dikutip pada Jumat (18/4/2024).

Menhub Budi mengatakan, hasil kerja CASN di Kementerian Perhubungan berjalan baik dalam tiga tahun terakhir. Menhub menjelaskan, Kemenhub sangat mendukung penyelesaian sistem pekerja non-ASN sesuai Kep UU No. 20 Tahun 2024 tentang ASN melalui rekomendasi persyaratan ASN tahun 2024. 

Ia mengatakan, dalam beberapa hari ke depan akan menggelar rapat koordinasi dengan para pimpinan Otoritas Kepulauan Kepulauan (IKN), terkait pembentukan ASN Kementerian Perhubungan yang akan ditempatkan di daerah tersebut.

“Kami berjanji akan mengkoordinasikan struktur ASN yang ada dengan sangat hati-hati agar ASN dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan keahliannya,” kata Menhub.

Menhub berharap melalui pembentukan ASN pada tahun 2024 akan diperoleh sumber daya manusia yang efektif, profesional, dan berintegritas guna memperkuat konektivitas pelayanan transportasi yang lebih baik. Apalagi, pertumbuhan perekonomian nasional dapat ditingkatkan melalui peningkatan pelayanan transportasi.

Oleh karena itu, saya atas nama pribadi dan Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih kepada Menteri Negara Pemberdayaan dan Reformasi Birokrasi yang telah memenuhi kebutuhan para pegawai tersebut,” kata Menteri Perhubungan Budi.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan pihaknya akan melimpahkan sepenuhnya kebutuhan pembentukan CPNS dan PPPK kepada kementerian/lembaga. Sebab, kementerian/lembaga tahu betul apa yang dibutuhkan. 

Harapan kami, karena kementerian sudah mengetahui prioritasnya, maka kebutuhan rencana strategis 5-25 tahun ke depan diharapkan dari pembelian ASN tahun ini, jelas Menteri Anas. 

Lebih lanjut Menteri Anas menjelaskan, sesuai perintah Presiden, dari total 600 ribu lulusan baru, 200 ribu diantaranya akan ditempatkan di IKN. Oleh karena itu, dia meminta Kementerian Perhubungan mempersiapkan secara matang strukturnya. Satu hal yang tidak begitu penting adalah Kementerian Perhubungan perlu melatih talenta digital dan inspektur terampil untuk meningkatkan administrasi pemerintahan. 

 

Pengarang: Suleman

Sumber: Merdeka.com

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar mengatakan, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS yang dibutuhkan sudah disiapkan di IKN. Salah satunya adalah desain khusus yang disiapkan untuk putra-putri terbaik Kalimantan Timur (Kaltim).

“Ini merupakan kesempatan besar bagi putra-putri terbaik Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, untuk menjadi bagian dari sejarah penting Indonesia dengan mengabdi sebagai ASN di ibu kota negara,” kata Anas dalam konferensi pers “Rencananya pindahkan ASN ke IKN di Jakarta”, Rabu (17/4/2024).

Anas menjelaskan, ada beberapa sumber untuk mengisi persyaratan ASN di IKN. Pertama, ASN Kementerian/Lembaga pindah ke IKN. Kedua, hasil rekrutmen khusus CPNS tahun 2024 yang prosesnya kini sudah dimulai dengan rincian formasi.

Bahkan, saat ini masing-masing Kementerian/Lembaga telah menetapkan format CPNS khusus untuk penyaluran IKN. Misalnya yang saya cek, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama telah menerbitkan beberapa formulir IKN khusus di antara formulir rekrutmen yang diputuskan tahun ini. “Jadi dari awal rekrutmen sudah jelas akan ditempatkan di IKN,” jelasnya.

Ketiga, mutasi pegawai ASN ke Pemda Kaltim. Oleh karena itu, sebagian besar pegawai ASN di wilayah Kaltim akan dialihkan ke IKN.

Selain itu, pemerintah telah menetapkan pedoman kebijakan pembelian calon ASN pada tahun 2024, salah satunya untuk mendukung efektivitas kerja IKN Nusantara. Rekrutmen CPNS 2024 diarahkan untuk menjaring lulusan baru yang akan ditempatkan di IKN.

“Sesuai perintah Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan kesempatan kepada generasi muda bangsa yang paling berbakat, lulusan baru, untuk mengabdi di IKN. Lulusan baru tersebut diangkat karena pemerintah sudah lama tidak merekrut lulusan baru dalam jumlah yang cukup,” dia berkata.

Menurut MenPANRB, Presiden Jokowi menginstruksikan kementerian terkait segera menjelaskan rencana insentif atau tunjangan khusus bagi ASN yang pindah ke IKN. Tunjangan ini dikenal dengan sebutan tunjangan pendiri.

“Tunjangan para pendiri sudah kami siapkan dan contohkan secara lengkap. Namun besarannya, waktu dan tata caranya belum bisa kami tentukan karena masih dalam pembahasan dan menunggu perintah Presiden. Insya Allah akan diselesaikan dalam dua bulan ke depan. minggu,” ujarnya. Ia menyimpulkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Top 3 Tekno: CatGPT Down hingga Harga Redmi 13 Bikin Pembaca Penasaran
Next post Warganet Dibuat Terharu oleh Pengorbanan Timnas U-23 yang Lebaran Jauh dari Keluarga