9 Penyebab Mesin Mobil Diesel Tidak Mau Menyala

Read Time:3 Minute, 6 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Mobil diesel memiliki karakteristik yang berbeda dengan mesin bensin. Selain dari sisi solar dan perawatan, situasi lain yang berubah adalah pada aspeknya.

Pengguna kendaraan berbahan bakar diesel, terutama mobil bermesin diesel konvensional yang berusia tiga hingga lima tahun, seringkali mengalami kesulitan untuk menghidupkan mesin di pagi hari. Mungkin karena kedinginan. Kenali gejala mesin mobil diesel meledak dan berbagai penyebab mesin mati.

Di bawah ini informasi penyebab mesin diesel meledak dan berbagai faktor penyebab mesin diesel tidak hidup menurut Auto2000. 1. Gejala pilek

Ada banyak penyebab mesin diesel tidak mau hidup, namun yang paling umum adalah sisa udara yang masuk ke saluran sistem bahan bakar, atau biasa disebut dengan gejala mobil angin.

Mengapa udara masuk ke saluran ruang bakar atau tangki bahan bakar? Gejala kejang dingin biasanya terjadi saat filter solar dan bahan bakar diganti.

Udara bertekanan, sehingga pada saat pompa diesel hidup, tekanan yang dikeluarkan hanya udara saja. Hal ini menyebabkan penurunan tajam tekanan bahan bakar. Dalam kondisi seperti ini, bahan bakar tidak keluar secara otomatis, dan mesin sulit dihidupkan saat proses start. 2. Udara terperangkap di saluran bahan bakar

Oleh karena itu, ketika mobil diesel mulai sulit dihidupkan di pagi hari, salah satu penyebabnya adalah adanya udara yang tersangkut di saluran bahan bakar.

Selanjutnya, mesin bisa hidup, namun udara masih berada di ruang bakar sehingga menimbulkan masalah lain.

Biasanya performa mobil akan berkurang, gejalanya mobil mengalami tekanan kompresi yang berkurang. Menderek mobil juga menambah bobot sehingga membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Dalam kasus yang paling mematikan, dapat menyebabkan mobil mogok secara tiba-tiba saat digunakan.

Dengan pendarahan, udara dikeluarkan secara manual dari saluran bahan bakar melalui pengisapan. Saat dipompa, udara bergerak menuju injektor. Kemudian saat mesin dihidupkan, udara langsung keluar saat injektor dibuka.

Masalah lain yang bisa membuat mobil diesel sulit dihidupkan adalah masalah busi atau colokan.

Jika terjadi masalah pada busi pijar, cukup menimbulkan komplikasi pada kendaraan. Pasalnya, busi pijar mungkin sudah lama digunakan sehingga tidak bisa menyuntikkan kembali bahan bakar solar ke zona pembakaran. Hal ini bisa disebabkan oleh umur motor rem pijar atau kesalahan timing pada busi pijar. 4. Masalah pada turbocharger

Jika boost atau udara rendah berarti turbo vane tidak terbuka. Hal ini menimbulkan masalah serta tekanan udara yang tidak stabil. Hal ini biasa terjadi pada mobil diesel yang menggunakan teknologi turbo. Hal ini sering terjadi pada SUV. 5. Tekanan kompresi rendah

Hal terpenting pada mobil diesel adalah proses pembakaran. Jika proses pembakaran tidak sempurna karena tekanan kompresi turun saat kompresi, makanya mobil diesel tidak mau hidup.

Mengapa? Pasalnya, jumlah udara di ruang silinder berkurang. Hal ini biasanya disebabkan oleh keausan ring kompresi dan dapat merusak seal injektor pada mesin. 6. Kerusakan pada pompa suplai

Supply pump merupakan komponen yang berfungsi memompa bahan bakar dari filter menuju ruang bakar sehingga proses pembakaran dapat berlangsung. Apabila komponen ini mengalami kerusakan maka bahan bakar tidak dapat diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Hal ini menyebabkan proses pembakaran menjadi gagal dan mobil diesel tidak dapat hidup saat dinyalakan.

Pompa primer merupakan komponen yang membantu pompa suplai bahan bakar dari tangki menuju ruang bakar. Jika pompa utama rusak maka jumlah bahan bakar yang dapat mengalir berkurang. Hal ini akan mempengaruhi hasil proses pembakaran. Akibatnya mobil diesel sulit dihidupkan atau tidak dapat dihidupkan sama sekali. 8. Masalah sensor rel umum

Sensor common rail berperan dalam mendeteksi kinerja injeksi bahan bakar pada injektor dan beberapa komponen mesin lainnya. Jika terjadi masalah pada salah satu sensor, maka akan mempengaruhi kinerja sensor lainnya. Akibatnya, proses pembakaran bisa menjadi salah dan tidak berjalan maksimal. 9. Ada masalah pada injektor atau nozel

Injektor atau nosel berperan mengubah bahan bakar menjadi kabut untuk memudahkan pembakaran lebih efisien. Proses ini memainkan peran penting dalam menghidupkan kendaraan. Ketika ada masalah pada injektor, mobil diesel akan bermasalah atau tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Makan Cokelat Baik atau Buruk untuk Kesehatan? Ini Jawabannya
Next post Pemain Muda Ini Rela Dicoret dari Timnas Prancis Gegara Dilarang Puasa