Gerhana Berdampak pada Psikologis? Ini Faktanya

Read Time:1 Minute, 27 Second

dianrakyat.co.id,┬áJAKARTA — Senang atau khawatir dengan gerhana yang akan terjadi pada 8 April mendatang? Jika Anda memiliki hati yang kuat, Anda tidak sendirian. Dikutip dari Psychology Today, Rabu (27/3/2024), melihat gerhana dapat memicu emosi yang berbeda-beda dan memberikan dampak psikologis yang mendalam pada individu.

Berikut beberapa dampak melihat gerhana terhadap emosi masyarakat.

1. Kejutan dan keheranan

Gerhana merupakan fenomena alam yang menimbulkan rasa kagum dan takjub. Melihat bulan menutupi matahari atau gelapnya langit bisa membangkitkan emosi yang kuat. Padahal, menurut NASA, jangan heran jika Anda atau orang di sekitar Anda mulai menangis. Melihat peristiwa langka pada bintang sangatlah dahsyat.

2. Koneksi

Gerhana memiliki kemampuan luar biasa untuk menyatukan orang-orang. Pengalaman bersama dalam menyaksikan gerhana, baik bersama teman, keluarga, atau orang asing, dapat mempererat ikatan.

Menurut sebuah studi di Psikologi, orang-orang yang berada di zona gerhana memiliki lebih banyak norma sosial dan sikap kelompok dibandingkan mereka yang tidak. Dengan kata lain, mereka dapat membantu orang lain dan menjalin hubungan lebih baik dengan orang-orang di sekitar mereka.

3. Keinginan dan Kesabaran

Prospek terjadinya gerhana bisa sangat menarik. Masyarakat dapat memilih aktivitas, membuat rencana untuk pergi ke tempat yang dijaga ketat, atau bertemu orang lain untuk berbagi pengalaman.

Keinginan yang lebih besar mengarah pada keadaan emosi yang lebih besar dan lebih banyak kegembiraan dan motivasi.

4. Kecemasan

Perlu diketahui, bagi sebagian orang, melihat gerhana dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, cemas, dan takut. Segala sesuatu yang tidak biasa atau tidak pada tempatnya dapat menimbulkan kecemasan, terutama bagi mereka yang sangat cemas atau depresi.

Dampak emosional akibat gerhana berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang lebih sensitif terhadap emosi, sementara yang lain memiliki respons yang lebih halus. Secara umum, pengalaman menyaksikan gerhana merupakan peristiwa emosional yang kuat dan membangkitkan banyak emosi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Polytron Rilis Proyektor Pintar, Bisa Nonton YouTube dan Netflix Langsung Ala Bioskop
Next post CDP Case Study: Kesuksesan Kerjasama Smartphone Brand dan Emtek Digital Capai Kenaikan CTR 170%!