0 0
Read Time:2 Minute, 11 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Tokyo Automobile Salon 2024 akan menjadi saksi perkenalan All New Toyota GR Yaris. Toyota Gazoo Racing (TGR) menghadirkan sejumlah penyempurnaan pada model barunya ini.

Desainnya tidak banyak berubah. Terdapat kisi-kisi yang lebih besar di bagian bawah panggangan untuk menambah asupan udara. Bumper depan memiliki struktur khusus yang memudahkan penggantian saat balapan dan mengurangi biaya.

Terdapat juga ventilasi yang efektif membuang panas dari radiator bawah dan oil cooler transmisi. Masih banyak kisi-kisi yang bertujuan untuk mengarahkan udara, mengurangi hambatan aerodinamis, serta meningkatkan kemampuan manuver dan stabilitas.

Sektor penerangan juga direvisi untuk mencegah kerusakan besar dan meningkatkan visibilitas. Lampu belakang titik tinggi kini terpisah dari spoiler belakang. Memudahkan penyetelan sepatbor belakang.

Struktur bodi GR Yaris juga diperkuat. Baut yang menghubungkan bodi ke peredam kejut ditambah dari satu menjadi tiga.

Kemudian titik pengelasan meningkat sekitar 13 persen, dan perekat di berbagai area meningkat sebesar 24 persen. Ini memberikan kekakuan yang cukup sekaligus mempengaruhi kemampuan manuver.

Mesinnya tetap 1,6 liter 3 silinder. Tenaganya meningkat dari 272 hp menjadi 304 hp. Begitu pula torsinya yang bervariasi antara 370 Nm hingga 400 Nm. Outputnya disambungkan ke keempat roda melalui sistem transmisi manual 6 percepatan dan GAZOO Racing Direct Automatic 8 percepatan.

Dioptimalkan dan dikembangkan oleh TGR untuk membuat software kontrol transmisi lebih sensitif dan responsif, terutama untuk versi matic.

Hadir pula Torsen LSD yang meningkatkan performa manajemen dorong melalui penggunaan material gesekan tahan panas pada kopling, rasio gigi yang rapat, dan performa throttle.

Selain 4WD, tersedia juga opsi yang memberikan keleluasaan bagi pemiliknya untuk balapan atau penggunaan sehari-hari melalui mode berkendara. Pengaturannya tidak hanya mencakup penyaluran daya tetapi juga kontrol kelistrikan dan pendinginan interior.

Ada juga mode Sirkuit yang membuka potensi penuh GR Yaris. Ini terdiri dari berbagai fungsi seperti kontrol anti-lag dan pelepasan pembatas kecepatan dalam kondisi tertentu. Mode ini dapat dikonfigurasi dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone.

Interiornya berbeda. Fokus pada pengemudi. Misalnya, layar dan panel kendali dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi.

Tersedia motif Seri Super Taikyu dan Kejuaraan Reli Jepang. Kursi pengemudi kemudian diturunkan sebesar 25 persen untuk stabilitas yang lebih baik, jendela tengah dipindahkan lebih tinggi dari kaca depan, dan tepi atas tumpukan tengah diturunkan sebesar 50 mm untuk memberikan pandangan lebih luas.

Menariknya, tuas persnelingnya dinaikkan 75 mm dibandingkan GR Yaris RS bertransmisi CVT. Rem parkir diposisikan jauh ke depan sehingga mudah dijangkau pengemudi. Ibarat mobil balap reli yang kehilangan traksi pada roda belakang karena sering menarik tuas rem.

Toyota sepertinya cukup serius menggarap GR Yaris. Pembangunan sepertinya tidak pernah berakhir. Sebab TGR ingin melanjutkan persaingan dengan GR Yaris. Untuk mendapatkan informasi tentang balapan melalui pembalap yang berbeda.

Sumber: Oto.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D