Tanpa Baking Soda, Ini Cara Rebus Kacang Merah Sampai Empuk dengan 1 Alat

Read Time:2 Minute, 2 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Dengan rasanya yang unik dan nikmat, kacang merah bisa dijadikan berbagai masakan seperti bubur dalam susu dingin.

Menurut WebMD, kacang merah kaya akan nutrisi seperti protein, serat, zat besi, dan mineral. Selain itu kacang merah bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kadar gula darah dan membantu mencegah kanker usus besar.

Selain itu, ternyata mengolah kacang merah tidaklah mudah. Jika ada kesalahan kecil saja dalam memasak kacang merah, teksturnya bisa sangat sulit.

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena pemilik channel YouTube Sajian Bunda punya resep khusus untuk melunakkan kacang merah.

Padahal, proses ini Anda lakukan hanya dengan satu alat dan tanpa menggunakan baking soda. Berikut update lengkapnya pada Minggu (06/09/2024).

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci kacang merah hingga bersih dengan air mengalir. Selain mencegah bahaya kimia, langkah ini juga mengurangi garam pada kacang merah.

Siapkan satu liter air dalam panci, lalu masukkan kacang merah, masak tertutup hingga matang. Kemudian tunggu tiga puluh menit hingga rebusannya matang.

Setelah tiga puluh menit mendidih, matikan kompor. Kecuali Anda mengangkat tutup panci, biarkan dan tunggu hingga rebusan memanas. Jangan lupa menutup lubang tutup panci untuk memerangkap panas rebusan di dalam panci.

Jika rebusan kacang merah sudah hangat, masak kembali dengan api sedang selama dua puluh menit. Pada tahap ini sebenarnya kacang merah sudah cukup empuk, baru akan empuk jika direbus kembali.

Setelah dua puluh menit mendidih, matikan kompor dan angkat tutup panci. Seperti yang Anda lihat, tekstur kacang merah sangat lembut dan meleleh. Air rebusan kacang merah akan semakin merah.

Agar kacang merah tetap empuk setelah dimasak, rendam kacang merah dalam air semalaman. Saat memasak, gunakan metode 5-30-7 untuk memasaknya dengan efisien dan cepat.

Air hasil rebusan kacang merah sebaiknya ditiriskan. Pasalnya kacang merah mengandung senyawa bernama lektin dan oligosakarida yang dapat menyebabkan kembung dan gas saat dimakan.

Jika kacang merah tidak diolah dengan baik, dapat mengakibatkan biji menjadi keras dan mengandung zat beracun. Menurut Live Strong, lektin fitohemagglutinin yang terdapat pada kacang merah bisa menjadi racun jika tidak diolah dengan baik.

Perendaman dalam air akan melunakkan biji kopi dan mencegah pertumbuhan bakteri pembusuk selama fermentasi. Selama proses ini, bakteri di dalam air mulai memfermentasi kulit biji.

Merendam kacang dalam waktu yang cukup lama akan memastikan kelembapan yang dibutuhkan untuk penggunaan yang benar dan bahkan pemasakan, tanpa risiko pecah atau kehilangan nutrisi. Menurut California Dry Bean Board, meskipun Anda merendam kacang semalaman, nutrisi dari kacang tidak akan larut dalam air rendaman.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Top 3: Nasib Jakarta Usai Kehilangan Status DKI
Next post Kalahkan Aura Fire, Onic Kembali Hadapi RRQ di Grand Final MPL ID Season 10