Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Sepeda Motor saat Libur Lebaran

Read Time:1 Minute, 33 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Idul Adha sebagian besar dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Bagi yang ingin menggunakan sepeda motor, penting untuk mempersiapkan kendaraan, serta kondisi fisik pemain ski.

“Penting untuk menjaga konsentrasi saat berkendara, untuk menghindari gangguan yang tidak perlu. Selain itu, kondisi kendaraan harus dipersiapkan untuk perjalanan jauh.” – kata Mohamed Arif, instruktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Selasa (9/4/2024).

Berikut beberapa tips berkendara jarak jauh saat liburan:

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik

Periksa kondisi sepeda motor, standar inflasi ban dan tekanan angin, lalu periksa kondisi remnya juga harus berfungsi dengan baik. Kemudian periksa baterai, lampu dan daya. Pengecekan sepeda motor perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan, agar pengendara tetap tenang dan nyaman saat berkendara jarak jauh.

2. Memperhatikan kondisi fisik

Kondisi jalan yang padat menjelang lebaran akan menurunkan konsentrasi berkendara, apalagi jika berkendara di waktu puasa. Oleh karena itu, kondisi fisik harus dipersiapkan dengan matang. Regangkan otot sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa makan makanan bergizi dan minum vitamin bila perlu. Bawalah nomor medis dan darurat pribadi jika terjadi sesuatu.

Tidur yang cukup sebelum perjalanan akan membantu Anda tetap bugar dan menghindari kelelahan. Apabila berjalan jauh, disarankan untuk istirahat setiap 2 jam sekali untuk menjaga kondisi tubuh, jangan memaksakan diri untuk berjalan tanpa istirahat.

3. Rencanakan perjalanan Anda

Merencanakan perjalanan melibatkan banyak hal, mulai dari pemilihan rute, pompa bensin hingga pemberhentian. Hal-hal ini harus dipertimbangkan untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik.

 

Jika Anda bepergian jarak jauh dengan sepeda motor dan tidak membawa lebih dari dua orang, bawalah barang bawaan secukupnya. Penumpang yang berlebih membuat pengendaraan sepeda motor menjadi sulit dan jarak pandang kurang optimal. Jadi selalu patuhi peraturan lalu lintas.

5. Menggunakan dan menyiapkan perlengkapan berkendara standar

Kenakan perlengkapan keselamatan lengkap dan sepatu yang nyaman untuk melindungi kaki, jaket, jas hujan, dan sarung tangan Anda. Jangan lupa membawa surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Cara Perpanjangan SKCK 2024, Ini Syarat dan Biayanya
Next post Waspada! Malware Perbankan Vultur Berkedok McAfee Security Incar Pengguna Android